09 September 2019 16:33:13
Ditulis oleh Admin

DONOR DARAH BAIK UNTUK KESEHATAN

Donor darah rutin dilaksanakan di balai desa Penidon setiap empat bulan. Bertepatan dengan Perayaan HUT RI ke 74 donor darah desa Penidon di selenggarakan pada 18 Agustus 2019.  Pemerintah Desa Penidon berharap Kepedulian kepedulian Mayarakat akan  manfaat dari donor darah. Selain dapat bermanfaat bagi orang lain ternyata mendonorkan darah juga memiliki manfaat bagi tubuh kita, di antaranya :

  1. Kesehatan Jantung Penelitian telah menunjukkan bahwa salah satu manfaat donor darah bagi kesehatan adalah membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Dengan mendonorkan darah, maka jumlah zat besi dalam darah akan lebih stabil.
  2. Merangsang Produksi Sel Darah Merah Selain zat besi, ternyata manfaat donor darah juga dapat membantu tubuh untuk menstabilkan jumlah sel darah merah. Anda akan mendapatkan pasokan sel darah merah baru setiap kali Anda mendonorkan darah. Hal ini merupakan langkah baik untuk menstimulasi pembentukan sel darah baru.
  3. Membantu Menurunkan Berat Badan Dengan menyumbangkan sekitar 450 ml darah, akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah kalori ini sudah cukup banyak untuk dapat mengurangi berat badan.
  4. Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Psikologis Memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, pastilah akan memberikan kepuasan psikologis tersendiri. Sebuah penelitian mengatakan, jika orang usia lanjut dan rutin menjadi pendonor darah bisa merasakan hidup lebih berenergi dan bugar.
  5. Mendeteksi Penyakit Prosedur standar sebelum mendonorkan darah adalah, darah Anda akan diperiksa dari berbagai macam penyakit, seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, malaria dan masih banyak lagi yang lainnya.
  6. Menurunkan Risiko Kanker Manfaat donor darah yang selanjutnya adalah mengurangi risiko kanker tertentu pada orang yang secara teratur mendonorkan darahnya,Sebuah studi 2016 juga menemukan bahwa manfaat donor darah bagi tubuh dapat menurunkan penanda inflamasi dan meningkatkan kapasitas antioksidan.
  7. Pemeriksaan Kesehatan Gratis Manfaat donor darah bagi tubuh selanjutnya adalah Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Ketika mendonorkan darah, Anda diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan.
  8. Mengurangi Kadar Zat Besi Dalam Darah Telah dijelaskan sebelumnya, manfaat donor darah bagi kesehatan dapat mengurangi kadar zat besi yang juga bentuk pencegahan dari penyakit tersebut.
  9. Merawat Kesehatan Organ Hati Mengingat kelebihan zat besi dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada organ hati, sebuah penelitian menemukan bahwa penyakit seperti hepatitis C dan penyakit hati lainnya dapat disebabkan zat besi yang berlebih di dalam tubuh.
  10. Menurunkan Kolesterol Selain menurunkan detak jantung, tekanan darah, dan berat badan. Beberapa peneliti juga menemukan bahwa manfaat donor darah secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida. Tampaknya ini cara yang efektif untuk menurunkan kadar lipid Anda.
  11. Panjang Umur Berbuat baik untuk orang lain adalah salah satu cara untuk hidup lebih lama atau panjang umur, benarkah? Seperti dikutip dari time.com, sebuah studi di Health Psychology, menemukan bahwa orang yang secara sukarela karena alasan altruistik (naluri menolong orang lain) mengurangi risiko kematian signifikan sekitar empat tahun daripada mereka yang secara sukarela melakukannya untuk dirinya sendiri.
  12. Mencegah Panuaan DiniSelain panjang umur dan meregenerasi darah, manfaat donor darah secara berkala juga dapat memperlambat penuaan. Sebelumnya telah disebutkan bahwa kelebihan zat besi tidak baik bagi tubuh. Selain meningkatkan penyakit kardiovaskular, zat besi yang berlebihan meningkatkan radikal bebas, yang memicu penuaan dini. https://doktersehat.com/manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan/

Masih banyak warga yang mengaku takut untuk donor darah karna melihat jarum yang digunakan dan ada anggapan jika setelah melakukan donor darah kesehatan akan terganggu. Dengan sosialisasi dan Penjelasan dari pihak PMI semoga lebih banyak masyarakat yang sadar akan manfaat donor darah bagi kesehatan dan meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan donor darah. (Ha2)



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus